...

Mengapa riksa uji instalasi proteksi kebakaran harus dilakukan? Ada pertimbangan tentang kondisi safety dari instalasi peralatan seperti fire hydrant. Karena dikhawatirkan ada instalasi yang salah. Padahal ini adalah hal yang krusial. Kesalahan tidak dapat ditolerir kalau sudah menyangkut keselamatan.

Riksa uji ini dibutuhkan untuk menjalankan program perawatan pada instalasi fire hydrant, dan alarm kebakaran di perusahaan kamu. Di mana riksa uji akan dilakukan berdasar ke fakta-fakta yang kami sebutkan di atas, juga standar pipe code tentang piping inspection. Secara teknis hal ini perlu dilakukan, caranya yakni proses reliability analysis untuk instalasi pipa fire hydrant.

Sudah menjadi tanggung jawab dari pemilik usaha untuk melakukan riksa uji ini. Karena keselamatan pekerja ketika jam kerja dan di lokasi tempat usaha merupakan tanggung jawab dari pemilik usaha yang bersangkutan.

Pengujian harus dilakukan secara berkala dan harus dilakukan oleh yang memang profesional di bidangnya dan sudah bersertifikasi. Termasuk dalam hal ini adalah teknisi elektrikal yang mengerti tentang system alarm kebakaran, hydrant. Yang melakukan riksa uji adalah badan organisasi yang ditunjuk oleh perusahaan. Namun harus dipilih yang memang benar-benar berkompeten di bidangnya dan yang pasti harus berpengalaman.

Resiko Kebakaran bisa Habis Total

Riksa uji instalasi proteksi kebakaran ini tidak terbatas untuk memenuhi aturan yang ada saja. Namun juga untuk menghindari habis total. Seperti yang diketahui bahwa kecelakaan kebakaran ini memang tak dikehendaki, dapat terjadi kapanpun, di manapun, termasuk di perusahaan dan rumah-rumah di sekitarnya.

Tahun 1990 s/d 2001 ada data dari pusat lab Fisika Forensik Mabes Polri yang menunjukkan jika 20% kejadian kebakaran mengakibatkan habis total. Dan tempat kecelakaan ini paling banyak terjadi di perusahaan / tempat kerja. Ini sudah menjadi fakta di lapangan, ditunjukkan dengan data yang akurat. Jadi memang riksa uji ini tak boleh disepelekan.

Apa saja yang termasuk di dalam instalasi proteksi kebakaran

Yang termasuk di antaranya adalah:

  • Instalasi hydrant & springkler
  • Instalasi fire alarm system

Landasan Hukum

Mengenai riksa uji sistem proteksi kebakaran ada ketentuan hukumnya. K3 penanggulangan kebakaran berdasar pada UU Nomor 1 / 1970. Untuk beberapa hal yang mendasar antara lain:

  • Tujuan K3 umumnya yakni masalah penanggulangan kebakaran.
  • Syarat dari K3 penanggulangan kebakaran berdasar pada Pasal 3 Ayat satu (1) huruf B, D, dan Q di dalam UU Nomor 1 / 1970.
  • Pasal 9 ayat tiga (3) mengenai mengatur kewajiban pengurus dalam menyelenggarakan latihan penanggulangan kebakaran.

Landasan hukum juga ada pada INSMENAKER 11 / 1997.

Maksud dan Tujuan

Riksa uji instalasi sistem proteksi kebakaran ini bertujuan untuk menguji dan mengetes fungsionalitas serta kondisi dari sistem alarm kebakaran yang sudah dipasang, pengujian hydrant, sehingga bisa mencegah terjadinya kebakaran.

Dengan begitu keselamatan tempat kerja, karyawan, dan lingkungan sekitar dapat terjaga dengan baik. Sebab kebakaran ini dapat menyebar dengan cepat. Apalagi ketika musim kemarau. Potensi terjadinya kebakaran di tempat usaha akan meningkat. Namun dengan adanya riksa uji instalasi proteksi kebakaran yang baik maka perusahaan pun akan aman. Resiko terjadinya kebakaran bisa mendekati nol.

Lembaga Riksa Uji Instalasi Proteksi Kebakaran Terbaik dan Berpengalaman

Untuk melaksanakan riksa uji ini kamu dapat mengandalkan PT Bazita Tekno Inspekindo. Perusahaan kami adalah perusahaan PJK3 yang sudah ditunjuk oleh menteri ketenagakerjaan RI untuk menyediakan berbagai jasa riksa uji. Kami memiliki tenaga ahli yang berkompeten di bidang ini.

Produk Lainnya

Riksa Uji Instalasi Listrik dan Penyalur Petir

Riksa uji instalasi listrik dan penyalur petir ini akan memastikan kelayakan instalasi listrik & penyalur petir yang dipasang. Tiap instalasi… Click here.

Riksa Uji Pesawat Uap dan Bejana Tekan

Pesawat uap dan Bejana tekan adalah sumber bahaya, dan itu termasuk juga operator pesawat uap. Di mana potensi bahaya yang… Click here.

Riksa Uji Pesawat Tenaga dan Produksi

Riksa uji Pesawat Tenaga Produksi ( PTP ) adalah alat atau pesawat yang bergerak secara berpindah-pindah / tetap, yang dipasang dengan tujuan memindahkan… Click here.

Riksa Uji Pesawat Angkat Angkut

Riksa uji pesawat angkut, dikenal juga dengan PAA (Pemeriksaan, Pengujian & Sertifikasi Pesawat Angkat dan Angkut) merupakan peralatan yang ada… Click here.

Riksa Uji Elevator dan Eskalator

Pesawat elevator dan eskalator adalah hal yang umum digunakan di pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga tempat usaha. Elevator ini biasa orang-orang… Click here.

Sertifikat Laik Fungsi ( SLF ) Bangunan Gedung

Sertifikat Laik Fungsi ( SLF ) atau biasa juga dikenal dengan SLF Bangunan Gedung merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah… Click here.

Sertifikat Keselamatan Kebakaran ( SKK )

Click here.

Sertifikat Laik Operasi ( SLO )

Hingga dewasa ini, ada banyak sekali perusahaan, pabrik, atau badan usaha yang belum mengerti arti penting Sertifikat Laik Operasi (… Click here.

Izin Tempat Penyimpanan Sementara ( TPS ) Limbah B3

Click here.

Izin Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL )

Click here.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL )

Click here.