Jenis-Jenis Lift Berdasarkan Sistem Penggerak dan Fungsinya

Gedung perkantoran maupun pusat bisnis yang memiliki minimal 3 lantai menggunakan Lift atau Elevator sebagai salah satu fasilitas untuk memudahkan pegawai maupun pelanggan dalam berlalu lalang sesuai dengan urusannya. Lift merupakan angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang yang umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi; biasanya lebih dari tiga atau empat lantai.

Pada zaman modern, lift yang terpasang pada gedung-gedung tinggi memiliki tombol-tombol multifungsi yang terdiri dari pilihan lantai tujuan, tombol darurat, tombol membuka dan menutup pintu lift. Seiring berjalannya waktu, lift menggunakan teknologi sensor sebagai salah satu langkah preventif terhadap COVID-19.

Di beberapa negara, khususnya Indonesia terdapat jenis-jenis lift berdasarkan sistem penggerak dan fungsinya. Hal ini tentunya disesuaikan dengan tipe industri dari gedung yang digunakan.

Jenis-Jenis Lift Berdasarkan Fungsi

Lift atau elevator terbagi menjadi beberapa jenis-jenis lift berdasarkan fungsi dan sistem penggerak yang digunakan.

1. Passenger Elevator/ Lift Penumpang,

Passenger Elevator merupakan lift atau elevator yang berfungsi untuk mengangkut manusia saja, elevator ini sangat dijaga keandalan sistem keamanannya karena menyangkut keselamatan penumpang lift. Biasanya setiap lift penumpang memiliki kapasitas terbatas yang telah ditentukan berdasarkan berat kereta, kapasitas penuh pada kereta serta faktor kesimbangan agar lift berfungsi dengan baik dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Dumbwaiter / Lift Barang

Elevator ini fungsinya hanya untuk mengangkat barang saja, biasanya digunakan pada gedung pusat perbelanjaan, supplier barang dan jasa hingga hotel. Lift barang biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar karena buatan suatu barang disesuaikan dengan kebutuhan sebuah industri pada gedung yang digunakan.

3. Elevator Service  / Lift Servis

Elevator service ini biasanya dipasang di perhotelan fungsinya untuk mengantarkan barang ke kamar-kamar penghuni hotel. Tidak hanya itu, lift ini juga dapat berfungsi untuk mengangkut manusia. Jenis lift ini pada umumnya memuat lebih banyak barang daripada penumpang. Namun banyaknya barang dan penumpang yang diangkut disesuaikan kembali pada bobot kereta dengan mempertimbangkan faktor keseimbangan.

Jenis-Jenis Lift Berdasarkan Sistem Penggerak

Jenis-jenis lift yang sudah dijelaskan fungsinya pasti memiliki sistem mesin penggerak yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki. Adapun beberapa jenis lift berdasarkan sumber daya terbagi menjadi dua, yaitu Lift Listrik menggunakan sumber daya listrik dan Lift Hidrolik menggunakan sumber daya penggerak dari air atau minyak, gas atau fluida lainnya.

Komponen Dasar Dari Suatu Lift /Elevator

Lift/ Elevator memiliki beberapa komponen dasar yang bekerja sesuai fungsinya untuk menggerakkan kereta naik dan turun sesuai dengan perintah yang diterima melalui tombol pada lift. Berikut beberapa komponen penting dari sebuah lift

1. Komponen di ruang mesin (Machine Room)

Ruang mesin adalah ruang terpenting, dimana diruangan tersebut terjadinya semua proses pengoperasian elevator berlangsung secara keseluruhan, penumpang maupun barang dalam kereta lift dapat bergerak sesuai lantai yang dituju.

2. Komponen di ruang luncur ( Hoistway)

Ruang luncur adalah lorong atau lintasan dimana kereta tersebut bergerak naik dan turun. Lubang ini harus sebuah lubang tertutup dan tidak ada hubungan langsung ke ruang di luarnya kecuali untuk lubang dua buah lift berdampingan.

3. Komponen di Kereta/ Car Lift

Komponen yang berada di dalam kereta atau car lift  merupakan fitur yang dapat dioperasikan oleh penumpang maupun petugas yang membawa barang. Adapun beberapa fitur pada komponen di dalam kereta lift, yaitu

  • Car/ Kereta 
  • Car Door/ Pintu Kereta
  • COP (Car Operating Panel)
  • Interphone
  • Alarm Buzzer,
  • Switching Box
  • Floor Indicator
  • Lampu Darurat atau Emergency Light
  • Saklar Pintu Darurat (Emergency Exit Switch)
  • Safety Link

4. Komponen di luar ruang luncur pada tiap-tiap lantai

Komponen di luar ruang luncur merupakan beberapa fitur yang biasanya secara kasat mata terlihat diluar sebelum memasuki lift. Fitur ini tersedia pada setiap jenis lift, baik itu lift penumpang, lift barang maupun lift service. Berikut beberapa komponen di bagian luar ruang luncur pada tiap-tiap lantai, seperti

  • Tombol Lantai
  • Saklar Parkir
  • Saklar kebakaran/ Fireman Switch
  • Hall indikator atau Penunjuk Lantai

Setelah mengetahui jenis-jenis lift berdasarkan fungsi dan sistem penggeraknya serta komponen-komponen dasar dari suatu lift /elevator selanjutnya yang harus diketahui bahwa lift /elevator tersebut wajib memiliki sertifikat kelaikan pakai, dimana untuk mendapatkan sertifikat tersebut harus melalui proses pemeriksaan dan pengujian atau biasa lebih dikenal riksa uji lift. Dengan memiliki sertifikat tersebut maka kita sudah melakukan langkah yang benar untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.