Berapa Biaya Pembuatan Sertifikat SLO? Penuhi Dulu Persyaratannya.

Sertifikat SLO (Sertifikat Laik Operasi) merupakan tanda bukti bahwa suatu instalasi listrik telah memenuhi persyaratan untuk beroperasi atau yang telah layak mendapatkan tegangan listrik.

Adanya SLO akan membantu perusahaan atau individu tidak perlu risau lagi apabila terjadi korsleting listrik. Listrik merupakan salah satu sumber energi yang utama di hampir seluruh aktivitas masyarakat saat ini.

Dari sisi lain, listrik juga menyimpan bahaya tersendiri jika terjadi suatu permasalahan seperti korsleting, atau yang lainnya. Itulah kenapa SLO berperan dalam membantu permasalahan keamanan instalasi listrik masyarakat.

Aspek keamanan yang perusahaan dan pengguna dapatkan terimplementasikan lewat uji kelayakan operasi. Bagi perusahaan, Sertifikat Laik Operasi tersebut penting sekali sebelum memulai operasional produksi.

Cara Membuat Sertifikat SLO

Bagi perusahaan memang wajib memiliki sertifikat SLO ini. Penerbitan dokumen tersebut hanya bisa melalui Lembaga Inspeksi Teknik Tenaga Listrik Akreditasi yang telah mendapatkan izin operasi dari pemerintah.

Kewenangan lain lembaga tersebut adalah memastikan keabsahan legalitas SLO tersebut terbit.

1. Persyaratan Mendapatkan Izin SLO

Agar memperoleh SLO, maka pihak pemegang izin dan pemilik instalasi pemanfaatan listrik harus mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada Lembaga Inspeksi Teknik.

Pada proses pengajuan permohonan tersebut perlu melakukan beberapa pemenuhan persyaratan, yakni sebagai berikut.

  1. Izin usaha penyediaan tenaga listrik, perizinan operasi, dan identitas pemilik instalasi pemanfaatan tegangan listrik sebagai salah satu syarat proses pengajuan permohonan SLO;
  2. Jenis kapasitas instalasi;
  3. Lokasi instalasi;
  4. Gambar instalasi dan tata letak;
  5. Diagram satu garis;
  6. Spesifikasi peralatan untuk instalasi listrik;
  7. Spesifikasi peralatan teknik sesuai dengan standar yang ada.

Proses pengajuan atau permohonan izin SLO ini membutuhkan waktu sekitar 4 harian pada jam kerja sejak persyaratan telah terpenuhi. Sedangkan untuk memperoleh penetapan SLO, LIT perlu mengajukan permohonan kepada Gubernur dengan melengkapi persyaratan berikut.

  1. Izin usaha untuk penyediaan tenaga listrik, izin operasi, dan perjanjian jual beli tenaga listrik antara pemegang IUPTL dengan pemilik instalasi pemanfaatan;
  2. Laporan hasil pemeriksaan dan pengujian;
  3. Rancangan Sertifikat Laik Operasi;
  4. Gubernur melakukan evaluasi terhadap permohonan penetapan SLO. Keputusan untuk penolakan paling lama 4 hari kerja.

2. Tahapan Membuat Izin SLO

Saat ini ada banyak sekali Lembaga Inspeksi Teknik Tenaga Listrik Akreditasi yang beroperasi dan ditunjuk oleh Kementerian ESDM. Meski begitu, proses permohonan sertifikasi harus melalui halaman resmi pemerintah di https://slodjk.esdm.go.id/. Berikut ini beberapa prosedur pembuatan SLO.

  1. Proses pengisian formulir
  2. Tunggu email verifikasi dan lakukan validasi pendaftaran;
  3. Tunggu email berisi informasi pendaftaran apakah berhasil atau tidak beserta dengan nomor agendanya;
  4. Lembaga Inspeksi Teknik Tenaga Listrik Akreditasi akan menghubungi pihak pemohon untuk mengkonfirmasi terkait biaya pendaftaran, waktu pelaksanaan pemeriksaan, serta proses pengujian instalasi;
  5. Proses pemeriksaan dan pengujian akan dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 38 Tahun 2018;
  6. Apabila hasil pemeriksaan dan pengujian menyatakan instalasi milik pelanggan laik operasi, maka SLO akan terbit dalam 3 hari kerja;
  7. Apabila sudah terbit maka SLO tersebut bisa orang gunakan untuk sambungan baru atau penambahan daya tenaga listrik.

3. Biaya Pembuatan SLO

Terkait dengan biaya pembuatan masing-masing tergantung pada kemampuan daya listrik yang pemohon gunakan. Sebagai rujukan umum kamu bisa mengunjungi halaman resmi https://slodjk.esdm.go.id/.

Nah, itulah berbagai informasi terkait dengan proses pembuatan dan biaya pendaftaran sertifikat SLO. Pastikan sudah memenuhi berbagai persyaratan yang terlampir sebelum mendaftarkan pembuatan SLO.