Tips Memilih PJK3 Riksa Uji yang Tepat. Jangan Sampai Salah Memilih!

Jadi buat kamu yang baru pertama kali mendengar, K3 ini adalah singkatan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Di mana K3 merupakan elemen penting dalam sebuah perusahaan. Ketika melaksanakan K3, maka riksa uji itu termasuk dalam salah satu usaha untuk menjaga keselamatan SDM perusahaan, yakni para pekerja. Riksa uji ini benar-benar berpengaruh terhadap pekerja di perusahaan, trutama di dalam suatu pekerjaan yang terdapat peralatan dan produk dengan beban berat, jadi akan membutuhkan riksa uji. Dengan begitu para pekerja pun akan merasa lebih aman, dan tidak perlu was-was akan keselamatan mereka ketika bekerja. Pekerja pun dapat bekerja dengan lebih fokus dan nyaman. Sebenarnya selain untuk pekerja, hal ini juga berefek positif untuk perusahaan itu sendiri sebab performa pekerja akan menjadi lebih baik.

Memilih PJK3 Riksa Uji Yang Tepat

PJK3 Riksa Uji atau Perusahaan Jasa Keselamatan & Kesehatan Kerja Riksa Uji. Ini adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pemeriksaan dan pengujian alat sesuai aturan K3.

Tujuannya yakni membantu pelaksanaan pemenuhan syarat-syarat K3. Di mana diatur dalam peraturan Undang-Undang. PJK3 Riksa Uji ini juga diatur di dalam Peraturan Mentri Tenaga Kerja No. 4 / 1995. Jadi yang berwewenang melakukan pelaksanaan riksa uji K3 itu adalah PJK3 pada bidang jasa pemeriksaan pengujian teknik.

Jadi memang cukup banyak PJK3 riksa uji di Indonesia, umumnya hasil dari macam-macam PJK3 itu sama saja. Bahkan untuk tujuan juga sama. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengesahan alat yang berasal dari dinas tenaga kerja setempat di mana perusahaan berdomisili.

Oleh karena hasil yang sama, maka kamu dapat memilih yang memberikan pelayanan terbaik. Juga melihat dari harga yang ditawarkan apakah bersaing atau tidak. Mengenai harga pemeriksaan dan harga pengujian juga belum tentu sama. Sudah pasti bervariasi. Ada yang ratusan ribu hingga ada pula yang jutaan rupiah untuk per alatnya.

Pemeriksaan, Pengujian Alat

Beberapa metode untuk memeriksa dan menguji alat pada tempat kerja, antara lain:

  1. Dokumen
  2. Pemeriksaan ketebalan
  3. Visual
  4. Hydrotest
  5. Pengujian beban
  6. Pengujian jalan
  7. Pengujian infrared
  8. Dan terakhir pengujian grounding