Tujuan Pemasangan Penangkal Petir Pada Gedung Tinggi

Penangkal petir merupakan suatu perangkat yang terdiri dari serangkaian jalur yang difungsikan sebagai media mengalirkan arus listrik petir menuju ke permukaan bumi, tanpa merusak benda apapun yang dilewati oleh petir tersebut.

Kemunculan petir sering terjadi di bumi, terjadinya seringkali mengiringi turunnya hujan. Muatan listrik yang ada pada petir akan berusaha mencari jalur terpendek untuk mengalir dari awan ke tanah atau sebaliknya. Adapun jalur terpendek yang dapat dicapai oleh muatan listrik adalah melalui bangunan-bangunan tinggi, seperti rumah, gedung, masjid, pohon atau bahkan sekalipun manusia yang ketika terjadi petir berada di tengah lapangan atau sedang ada di area terbuka.

Resiko Tidak Menggunakan Penangkal Petir

Apabila pemasangan penangkal petir pada gedung tinggi tidak dilakukan, maka bangunan tersebut sangat beresiko terkena sambaran petir. Pasalnya petir dapat menyebabkan gangguan hubungan arus listrik pada gedung tersebut. Tanpa penangkal petir, masing-masing serangan dapat menyebabkan kerusakan, listrik atau kebakaran. Bangunan rendah dan rumah-rumah pribadi juga mendapat manfaat dari penangkal petir, terutama jika atap struktur adalah titik tertinggi di daerah sekitarnya.

Beberapa bahaya petir, antara lain :

  1. Menyebabkan kebakaran pada kilang minyak.
  2. Menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik.
  3. Menyebabkan kerusakan pada peralatan kontrol industri.
  4. Menyebabkan kematian bagi siapa saja yang terkena sambaran petir.
  5. Menyebabkan terganggunya sistem komunikasi.
  6. Mengganggu nelayan dalam pelayaran
  7. Menyambar Pesawat AF 447.
  8. Menyebabkan padamnya sistem kelistrikan pada jaringan.

Tujuan dan Manfaat Penangkal Petir

Gedung pencakar langit, menara radio, antena siaran dan yang lainnya, direkomendasikan melakukan pemasangan penangkal petir pada gedung tinggi yang modern untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh petir. Namun penangkal petir juga bisa digunakan untuk melindungi struktur yang lebih kecil seperti rumah-rumah untuk menghindari bahaya signifikan yang ditimbulkan oleh petir.

Tujuan pemasangan penangkal petir pada gedung tinggi.

1. Menyalurkan Arus Petir

Sambaran petir yang telah mengenai terminal penangkal petir sebagai alat penerima sambaran akan membawa arus yang sangat tinggi, maka dari itu harus dengan cepat disalurkan ke bumi (grounding) melalui kabel penyalur sesuai standar sehingga tidak terjadi loncatan listrik yang dapat membahayakan struktur bangunan atau membahayakan perangkat yang ada di dalam sebuah bangunan.

2. Menangkap Petir

Dengan cara menyediakan sistem penerimaan (Air Terminal ) yang dapat dengan cepat menyambut sambaran arus petir, dalam hal ini mampu untuk lebih cepat dari sekelilingnya dan memproteksi secara tepat dengan memperhitungkan besaran petir.

3. Proteksi Petir Jalur Power Listrik

Proteksi terhadap jalur dari power munta diperlukan untuk mencegah terjadinya induksi yang dapat merusak peralatan listrik dan elektronik.

4. Proteksi Grounding System

Selain memperhatikan resistansi atau tahanan tanah, material yang digunakan untuk pembuatan grounding juga harus diperhatikan, jangan sampai mudah korosi atau karat, terlebih lagi jika didaerah dengan dengan laut. Untuk menghindari terjadinya loncatan arus petir yang ditimbulkan adanya beda potensial tegangan maka setiap titik grounding harus dilindungi dengan cara integrasi atau bonding system.

5. Proteksi Petir Jalur Elektronik

Melindungi seluruh perangkat elektronik seperti CCTV, mesin dll dengan memasang surge arrester elektronik

6. Proteksi Petir Jalur PABX

Melindungi seluruh jaringan telepon dan signal termasuk pesawat faxsimile dan jaringan data.

7. Menampung Petir

Dengan cara membuat grounding system dengan resistansi atau tahanan tanah kurang dari 5 Ohm. Hal ini agar arus petir dapat sepenuhnya diserap oleh tanah tanpa terjadinya step potensial. Bahkan di lapangan saat ini umumnya resistansi atau tahanan tanah untuk instalasi penangkal petir harus dibawah 3 Ohm.

Merawat Penangkal Petir

Setelah kita mengetahui bahaya dari sambaran petir dan manfaat dari penggunaan penangkal petir, tidak kalah penting adalah harus dilakukan pengecekan serta perawatan secara berkala untuk memastikan instalasi penangkal petir dalam kondisi semestinya. Untuk itu bisa dilakukan riksa uji penyalur petir yang dilakukan oleh PJK3 Riksa Uji yang resmi. Dengan begitu maka kita sudah melakukan langkah yang benar dalam mengantisipasi sambaran petir dan mengantisipasi kerugian.