Biaya Pengurusan SLF Bangunan Gedung Tersertifikasi

Sertifikat laik fungsi atau biasa juga disebut SLF adalah sertifikat yang diberikan pemerintah daerah. Di mana sertifikat ini untuk bangunan gedung yang sudah selesai dibangun dan juga memenuhi persyaratan kelayakan fungsi atas dasar hasil pemeriksaan bangunan gedung yang telah dilakukan. Sekarang kamu dapat menghemat waktu dan memangkas proses pengurusan SLF. Memang sebenarnya pengurusannya membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi rumitnya, untuk yang tak punya pengalaman mengurus sertifikat ini.

Karena itu bisa menggunakan bantuan jasa pengurusan SLF, atau dengan kata lain menggunakan jasa konsultan. Tetapi jangan memilih yang sembarangan harus yang berpengalaman dan tersertifikasi, sehingga pengurusan Sertifikat Laik Fungsi ini dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun.

Biaya Pengurusan SLF Bangunan Gedung

Biaya pengurusan SLF bangunan gedung. Banyak perusahaan yang tidak sempat untuk mengurus SLF sendiri, bisa karena keterbatasan waktu dan faktor lainnya. Adapun perkiraan biaya pengurusan SLF gedung yakni start Rp 200.000.000,- an. Tetapi untuk lebih jelasnya kamu dapat menghubungi kami. Karena biaya ini juga tergantung dari spesifikasi bangunannya. Sehingga biaya bisa berbeda. Apabila memang kamu masih ada yang bingung mengenai pengurusan SLF. Kamu juga dapat mencoba bertanya-tanya terlebih dahulu.

Pentingnya Mengurus SLF

Penting sekali untuk mengurus SLF ini. Karena nanti kalau tidak diurus bisa dikenakan sanksi. Sehingga tiap bangunan harus ada SLF nya. Berdasarkan Perda Nomor 10 / 2014 mengenai Bangunan Gedung, di dalam BAB XII Pasal 101 sudah disebutkan mengenai:

(1) Pengguna bangunan gedung atau pemilik yang kedapatan melanggar ketentuan Perda ini akan dikenakan sanksi administrasi, antara lain:

  • Peringatan tertulis
  • Penghentian sementara / Tetap untuk pekerjaan pelaksanaan pembangunan
  • Pembatasan kegiatan pembangunan
  • Pembekuan IMB Gedung
  • Pencabutan IMB Gedung
  • Penghentian sementara / Tetap untuk Pemanfaatan bangunan gedung
  • Pencabutan SLF bangunan gedung
  • Pembekuan SLF bangunan gedung
  • Perintah untuk pembongkaran bangunan gedung

(2) Pengenaan sanksi administrasi seperti yang tertera dalam ayat (1) dan berpedoman ke ketentuan perundang-undangan yang ada.

Yang paling ditakutkan memang adalah sanksi bangunan terancam dibongkar. Jadi selagi masih sempat memang SLF ini harus diurus. Jangan sampai bermasalah karena tak punya Sertifikat Laik Fungsi.

Baca juga : Riksa Uji K3

Begitu pula dengan perpanjangan SLF harus diperhatikan. Karena SLF selain rumah tinggal itu memiliki masa berlaku 5 tahun. SLF bangunan umum jangka waktunya adalah 5 tahun.

Jadi sebelum masa berlakunya habis harus segera diajukan kembali. Kamu bisa menggunakan jasa pengurusan juga dengan biaya yang fleksibel. Untuk biaya dan detail lainnya kamu dapat menghubungi jasa pengurusan yang bersangkutan. Jangan lupa untuk mencari yang profesional dan berpengalaman. Sekian artikel tentang biaya pengurusan SLF bangunan gedung tersertifikasi, semoga bermanfaat.